Senin, 12 Oktober 2009

Horizontal Marketing Ala Hermawan Kertajaya

NEW MARKETING TECHNOLOGY

Seminar sesi pertama yang di bawakan oleh Bapak Husin Wijaya ini berbicara tentang kemajuan teknologi yang sangat pesat yang memudahkan marketer marketer dalam memajukan usahanya. Pembicara di sesi ini selalu menekankan seperti ingin menyadarkan kita semua bahwa sekarang ini kita bisa mengiklankan product kita ataupun seesuatu yang ingin kita tawarkan kepada public dengan cara yang sangat mudah, murah dan jangkauan yang sangat luas.


Dengan adanya seperti Friendster, My Space, facebook, google, kas kus dan ratusan bahkan ribuan situs- situs yang di pakai orang untuk mempromosikan sesuatu membuat para marketer lebih mudah dalam mengiklankan produknya dengan biaya yang sangat rendah dengan cakupan yang sangat luas.

Walaupun isi seminar dalam sesi ini terdengar standart akan tetapi isi seminar ini memberikan banyak ide ide baru yang belum pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya. Beberapa bulan lalu saya memulai usaha baru saya yaitu saya membuka Kursus Bahasa Mandarin yang saya beri nama “Mandarin House” yang saya rintis sendiri. Dari seminar itu saya baru terpikirkan kenapa saya tidak menawarkan jasa “Mandarin House” melalui media media tersebut (Friendster , Facebook) selain tidak ada biaya juga jangkauan pun bisa lebih luas. Memang dari yang saya lakukan dengan memakai media media ini belum ada hasil yang saya petik tetapi pikiran saya lebih terbuka bahwa orang orang nantinya akan lebih memperhatikan iklan iklan yang ada di dalam dunia dunia maya tersebut dibanding dengan iklan iklan yang kita jumpai di Televisi pada umumnya.

Para politikus politikus kita juga sudah mulai menggunakan teknologi internet dalam berkampanye atau memberikan informasi informasi kepada masyarakat. Seperti Presiden Amerika Serikat Obama juga berkampanye melalui situ situs internet seperti Facebook Juga menaruh kata – kata “ Pilih lah Obama” dalam situs situs internet.


Para marketer juga bisa menggunakan BLOG untuk mempromosikan atau mengkampanyekan produk/ jasa/ informasi. Blog adalah semacam karya tulis yang dapat dibuat oleh siapa saja dan dapat di publikasikan kepada masyarakat luas dengan On line tentunya.
Hal ini sangat memungkinkan untuk di Indonesia sendiri, bisa kita lihat Negara kita menduduki peringkat ke5 di dunia dalam jumlah pengguna internet yakni 25.000.000 juta orang dari 250.000.000 juta penduduk Indonesia dan ini bisa terus bertambah dari tahun ke tahunnya. Internet akan menjadi hal yang sangat lumrah untuk sekarang ini, internet sudah merupakan suatu kebutuhan yang wajib karena orang bisa mencari informasi yang ia butuhkan dalam sekali klick saja, orang bisa mengekspresikan semua perasaannya pula melalui internet. Saya sebagai marketer muda sangat bersyukur bisa menghadiri seminar sesi pertama ini karena sangat membuka wawasan saya lebih jauh lagi.

YOUTH MARKETING

Strategy yang Dilakukan Toyota dalam Memasarkan Yaris
Toyota mengeluarkan terobosan baru yang diberi nama Toyota yaris. Toyota Yaris di design khusus dengan model yang unik dan stylish agar bisa menarik konsumen untuk membeli model baru dari Toyota ini. Mereka menargetkan Toyota Yaris bagi para ABG karena sesuai dengan bentuk mobil tersebut yang sangat sesuai bagi para kaum muda mudi agar mereka bisa mengekspresikan masa muda nya bersama Toyota Yaris.
Dengan menggunakan Tag Line “It’s Show Time” Yaris berusaha menarik perhatian kaum ABG untuk menggunakan Toyota Yaris. Yaris juga mengadakan serangkaian acara yang diperuntukan bagi target audience nya seperti Slalom, Lomba Modifikasi,Gathering, Tour dan masi banyak acara lainnya. Bagi mereka yang tidak bisa mengikuti lomba lomba tersebut Toyota Yaris juga mengadakan lomba Modifikasi mobil Yaris dalam bentuk lukisan, mereka memberi kesempatan bagi para muda mudi untuk mengekspresikan mobil idamannya bersama Toyota Yaris.
Toyota Yaris menggunakan Positioning yang kuat dengan dengan cara Humanizing the Brand. Yang dimaksud dengan “Humanizing the Brand adalah membuat konsep Toyota Yaris sebagai “teman” mereka. Dimana mereka bisa menemukan memori memori yang indah dalam persahabatan atau apapun bersama Toyota Yaris.
Berikut adalah PLC dari Toyota Yaris









KENTUCKY FRIED CHICKEN
KFC merupakan fast food tertua yang taon ini berumur 30 tahun sudah bergerak dalam bidang penjualan ayam gorang. KFC sebagai salah satu brand tertua tentu sudah mengalami banyak masalah yang mereka sudah lewati.
Tentunya mempertahankan brand mempunyai tantangan tersendiri dibanding dengan Brand Brand baru yang banyak bermunculan sekarang ini seperti Burger King, Hot Shots dan brand lainnya.
Untuk itu KFC membuat suatu strategy agar mereka bisa tetap mempertahankan eksistensinya di bidang ayam goreng yang sudah digeluti selama 30 tahun , mereka menggunakan Music sebagai wadah agar dapat menjangkau target audience mereka. KFC membuat acara “Music Hit List”. Music Hit List adalah pencarian band band berbakat yang akan di seleksi dan akan menjadi ikon KFC. Mereka ingin melahirkan sebuah bintang yang nantinya akan di gandrungi oleh anak anak muda.
Inilah strategy mereka dalam memenangkan kompetisi pasar. Dengan mereka melahirkan sebuah bintang, kemanapun bintang ini pergi yang ada di benak masyarakat adalah mereka membawa bendera KFC, dengan begitu nama KFC tidak akan hilang di benak masyarakat.
Kita bisa lihat keberhasilan KFC memggarap Julliete sebagai pemenang dan dengan Hit nya “ Bukannya Aku Takut” yang kita bisa dengar di radio radio,stasiun Televisi juga di outlet outlet KFC. Dengan keberhasilan Julliete orang orang yang mendengar lagu lagu mereka akan selalu teringat oleh KFC.
Kfc menggunakan music sebagai wadah mereka, karna Music adalah sesuatu yang universal, dengan mengangkat Music KFC juga mempunyai kesempatan bekerja sama dengan perusahaan perusahaan lainya yang dalam segi produk tidak ada kaitannya, seperti KFC bekerja sama dengan Honda.
Setelah berhasil dengan Juliette KFC juga melahirkan Band baru yang bernama Bonus Band. Band yang satu ini juga tidak kalah sukses dengan Juliiete. Julliete dalam penjualan albumnya memperoleh Double Platinum Award. Penjualan album mereka mencapai 150.000 keping disusul oleh Bonus Band yang memperoleh Platinum Award. Penjualan album mereka mencapai 75.000 ribu keeping.
KFC juga merubah outlet outlet mereka agar lebih terksesan tempat nongkrong bagi kaum muda. Outlet mereka dibuat lebih mirip seperti Café agar anak muda mudi bisa duduk berjam jam menghabiskan waktu mereka duduk dan menghabiskan uangnya di KFC.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar